Loading...
Saturday 11 January 2014

Pesona Ujung Indonesia, Pulau Weh

Pulau Weh (atau We) adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.

Pict (www.iberita.com)
Ada legenda rakyat mengenai Pulau Weh yaitu Zaman dahulu, Pulau Weh, Kota Sabang, dikenal sebagai tempat transitnya jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Hal tersebut lah yang menjadi asal muasal Aceh dijuluki Serambi Mekah. Suatu ketika, berkumpul lah 44 orang yang siap berangkat ke Tanah Suci menggunakan kapal kayu. 

Namun nahas, akibat diterjang ombak besar, kapal kayu tersebut pun terpecah dan penumpangnya tercerai berai ke pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Weh. Oleh sebab itu, tiap daerah di Sabang memiliki nama sesuai nama jamaah haji yang terdampar. Misalnya Pulau Rubiah, Pulau Klah, Perbukitan Sarung Keris dan lainnya.

Pict (anakbackpacker.wordpress.com)
Di luar pulau Weh, ternyata ada juga pulau Rubiah, Klah, Seulako, dan Rondo yang masih berada satu kawasan di Sabang ini. Pulau ini dahulunya adalah tempat pembuangan bagi para tahanan atau orang-orang yang terpidana di masa Kerajaan Aceh. Maka nama pulau Weh sebenarnya berasal dari sebutan “geupeuweh“ yang artinya tempat pembuangan, kemudian sekarang dikenal dengan pulau Weh.

Diapit oleh keindahan terumbu karang yang hidup dan menawan, Pulau Weh belum begitu tersentuh meskipun ukurannya tidak begitu luas dan aksesnya yang mudah. Pulau ini merupakan taman yang sering dilupakan. Lokasinya berada di pulau paling barat dari kepulauan Indonesia. Terletak di jalan pintu masuk Selat Malaka, pulau ini umumnya merupakan bagian laut dan permata bagi banyak kapal yacht dan kapal pesiar untuk berkunjung and menikmati pemandangannya.

Menyelam merupakan salah satu kegiatan yang paling dikenal di pulau ini. Banyak penyelam handal dan instruktur menyelam yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda untuk menjelajahi pesona alam bawah laut di Pulau Weh. Ombak di sini kuat jadi kegiatan berselancar akan cukup menyenangkan. Hati-hati dan selalu disertai dengan instuktur menyelam jika Anda adalah seorang pemula. Anda dapat melihat bagaimana pulau ini terpisah dari Pulau Sumatera beberapa juta tahun yang lalu.

Pemandangan di pulau Weh sangat indah. Selain lautannya yang biru, di sana ada kota Sabang yang merupakan kota kecil nan indah dengan struktur tanah berbukit-bukit. Penduduk kota Sabang memisahkannya dengan sebutan kota bawah dan kota atas untuk satu kota yang sebenarnya satu nama itu.


Referensi :
wikipedia.org
indonesia.travel
www.iberita.com
travel.kompas.com

2 komentar:

  1. mantap..
    kami juga memiliki tempat wisata lain ni.
    tempatnya di pulau sumatra barat..
    kunjungi kami klik disini

    ReplyDelete
  2. sesungguhnya indonesia juga banyak menyimpan keindahan" yang lebih ... sungguh sangat menakjubkan sekali.

    ReplyDelete

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP