Loading...
Thursday 9 January 2014

Keindahan Pesona Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung dapat dikatakan primadonanya di kalangan pantai-pantai di Lombok. Dinamakan Pantai Batu Payung karena salah satu di antara hamparan bebatuan tersebut ada yang berbentuk menyerepai payung. Wisatawan memang sering membicarakannya. Pantai ini terletak di kawasan Lombok Tengah.

Pict(Jomandi Loka)
Berbeda dengan pantai lainnya, Batu Payung ini tidak seperti yang dibayangkan. Ya, pantai ini tidak memiliki hamparan pasir putih, hanya terdiri dari bebatuan dan karang besar yang berbentuk mirip payung. Sebelum menjadi iklan produsen rokok, dan ditayangkan di berbagai televisi, keberadaan Batu Payung tidak begitu di kenal oleh para wisatawan, bahkan warga Lombok sekalipun jarang yang mendengar. Hal ini wajar, karena untuk mencapai lokasi Batu Payung masih terbilang sulit. 

Dari Pantai Tanjung Aan, pengunjung harus berjalan ke arah timur sekitar 1 jam, menyusuri pantai berpasir merica, kemudian mendaki bukit, dan turun kembali ke pantai untuk menyusuri batu-batu di bawah tebing yang berbatasan langsung dengan air laut, dimana kalau air laut sedang pasang maka jalan ini juga tidak bisa dilalui. Ada satu jalan lagi untuk menuju ke Batu Payung yang jarang diketahui bagi para wisatawan, dan hanya diketahui orang lokal saja, atau orang yang sering berkunjung ke Batu Payung saja, yaitu melewati pantai di Dusun Padau.

Pict(Sigit SL/Lomboktoday)
Tidak jauh dari Pantai Batu Payung terdapat satu pulau kecil yang dipisahkan oleh laut. Pulau ini tepinya dihuni oleh batuan besar. Sementara disela-sela bebatuan tersebut bisa terlihat beberapa tumbuhan yang batangnya menyembul keluar dengan bagian daun diatasnya yang melebar membentuk kanopi. Selain pohon tersebut terdapat juga pohon kelapa. Salah satu pohon kelapa ini adalah pohon tertinggi di pulau kecil tersebut. Tidak ada jembatan yang menghubungkan Pantai Batu Payung dengan pulau tersebut. Namun bila ada yang ingin menuju ke pulau, maka gunakan saja perahu kayu kecil yang disediakan oleh pengelola pantai.



Referensi :
jalan2.com
travel.detik.com
lomboktoday.co.id
facebook.com/83275826008

0 komentar:

Post a Comment

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP