Loading...
Thursday 5 December 2013

Keindahan Pulau Misool Raja Ampat

Keindahan Pulau Misool Raja Ampat yang mengagumkan, pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau terbesar dari kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat, Indonesia. Dengan berbagai jenis taman laut yang memegang 75% dari semua spesies karang dan ikan hias di dunia, menjadian Pulau Misool sebagai tujuan menyelam yang paling terkenal di profinsi Papua Barat. Selain itu kejernihan dari perairan laut yang memungkinkan memandang langsung ke sub-permukaan yang berwarna-warni ketika masih diatas perahu dengan jarak pandang ke dalam air bisa mencapai 10 – 30 meter.

Pulau Misool Misool adalah kawasan yang unik. Sebelum menjejakkan kaki di kawasan ini, saya berharap akan bertemu dengan masyarakat Papua asli. Namun saya keliru. Letak geografis Misool yang berbatasan dengan Laut Seram membuat kawasan ini dipenuhi oleh ragam budaya. Karena selain dari Papua sendiri, penduduk berasal dari Maluku juga Sulawesi.

Tips Berwisata Ke Pulau Misool Raja Ampat
Berwisata kedaerah Papua termasuk Raja Ampat, memang dibutuhkan biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan tujuan kedaerah tempat wisata lainya di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya berwisata dengan cara berkelompok bisa menjadi pilihan yang bijak karena akan lumayan lebih murah dibandingkan bepergian dengan hanya beberapa orang. Sebelum kesana, Kita harus mengetahui musim yang tepat. Karena, jika datang pada musim penghujan tentunya kurang baik apalagi dengan tujuan untuk menyelam.

Pulau Misool
Keindahan Bawah Laut
Wilayah yang masuk Segitiga Karang (Coral Triangle) adalah Raja Ampat, Derawan, Wakatobi dan Komodo tidak heran jika pulau ini memiliki  keindahan bawah laut. Garis batas wilayah terumbu karang di ke-6 negara menyerupai segitiga. Itu sebabnya wilayah itu disebut sebagai segitiga karang dunia. Tak heran negara tetangga ikut terpukau dengan keindahan bawah laut dari Raja Ampat





Budaya Lokal 
Selain menyajikan berbagai kecantikan dari alam, Raja Ampat juga menjaga tradisi kebudayaan lokal. Suku Asmat adalah suku asli Papua yang masih dipertahankan keberadaannya. 

Budaya Lokal
Raja Ampat terletak di segitiga karang dunia yang merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia. Segitiga karang itu meliputi Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea dan kepulauan Salomon dan yang paling besar adalah Indonesia.

Sayangnya kawasan ini rawan terhadap ancaman. Karena letaknya yang terpencil, pelaku yang justru biasanya datang dari luar daerah Misool biasanya menggunakan bom serta potasium untuk memanen ikan di perairan ini.Keindahan alam laut dan kekayaan hayati yang dimiliki Pulau Misool disejajarkan berbagai tempat wisata laut dunia. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dan ekosistemnya.

0 komentar:

Post a Comment

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP