Loading...
Saturday 4 January 2014

Pantai Sawarna di Banten

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Berjarak 150 km dari Rangkasbitung, Ibu Kota Kabupaten Lebak.

Pict(anakbackpacker.wordpress.com)
Pesona Pantai Sawarna sangat lengkap dengan adanya gelombang spektakuler dan menantang untuk para pencinta olahraga selancar. Salah satu lokasi favorit peselancar mancanegara adalah Ciantir. Pantai Sawarna mempunyai bentang alam yang begitu lengkap serta kondisi pantainya yang belum rusak oleh sentuhan tangan manusia yang mengexploitasi secara sembarangan. Sedangkan topografi wilayahnya, Sawarna memiliki sedikit daratan dan memiliki ketinggian di bawah 10 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar para penduduk tinggal di kaki perbukitan.

Pict(rumputliar.com)
Anda akan terkesan dengan areal persawahan yang membentang begitu luas, panorama desa yang asri, hembusan sejuk udara khas desa agraris, dan jejeran pohon kelapa dan pohon jati yang berjejer seperti halnya pagar betisnya desa. Apabila Anda yang hobi berselancar atau surfing mengapa tidak merasakan ombaknya yang spektakuler bahkan telah dicicipi peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, dan Korea. Anda juga dapat merasakan snorkeling untuk menyapa beragam ikan hias dan terumbu karang. Temukan keindahannya di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Teluk Legon Pari.

Kawasan ini pada jaman dahulu masih berupa hutan pantai yang dikenal dengan nama Desa Siluman. Kawasan eks desa siluman itu sekarang bangkit menjadi tujuan objek wisata yang lebih menarik daripada Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Pantai ini masih berada dalam satu garis pantai dengan Pelabuhan Ratu. Kawasan ini dapat juga dikatakan sebagai mutiara baru di selatan Banten.

Pict(romyhabibi)
Pantai ini memiliki beberapa keunikan, Salah satunya Gerbang pantai Sawarna dengan Desa Sawarna yang dipisahkan oleh aliran sungai dangkal yang cukup lebar. Siapa saja yang ingin pergi ke desa tersebut harus melewati jembatan kayu gantung.  Tentu ini menjadi pengalaman unik dan sangat menantang seperti sedang mengikuti outbound.

Selain objek keindahan pantainya di Sawarna ada pula wisata gua. Beberapa gua ukuran yang bervariasi dapat Anda kunjungi seperti: Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil.  Goa di Sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal.

Ombak, laut biru, pasir putih, perahu nelayan, gemiricik air dan lambaiyan nyiur pohon kelapa menjadikan alasan yang kuat untuk berkunjung ke Sawarna dan menapakkan kaki di pantai sawarna.



Referensi :
indonesia.travel
pantaisawarna.com
obyekwisataindonesia.com

0 komentar:

Post a Comment

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP