Loading...
Monday 30 December 2013

Festival Erau Kertanegara di Kalimantan Timur

Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita.

Festival Erau
Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam arti: banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan

Erau pertama kali dilaksanakan pada upacara tijak tanah dan mandi ke tepian ketika Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama (1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu diadakan setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara.

Daerah Kutai Kartanegara adalah wilayah kabupaten yang paling kaya di Indonesia. Di sini terdapat kekayaan alam yang melimpah dengan budaya yang kental. Pemandangan alam hutan hujan tropis yang dibelah oleh sungai mahakam, kehidupan masyarakat Kutai dan dayak yang unik, dan budaya yang sangat kuno ada di sini. Kerajaan Kutai Kertanegara merupakan kerajaan tertua di Indonesia, dan tidak banyak orang yang mengetahui fakta ini.

Festival ErauMenariknya, setiap tahun di sana diadakan Festival Kutai Kertanegara yang diselenggarakan dalam waktu cukup lama untuk ukuran festival budaya. Erau Festival ini adalah salah satu event budaya yang termegah dan melibatkan banyak masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. karena Festival Erau ini mempunyai rangkaian acara budaya yang cukup panjang dan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 7 Juli di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Adapun rangkaian acara yang akan memeriahkan festival budaya dan pesta rakyat Kutai ini, diantaranya adalah upacara-upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pagelaran seni tradisional asli Kutai, seni khas Nusantara dan juga seni mancanegara. Negara-negara lain yang berpartisipasi dalam festival ini secara bergiliran akan menggelar pertunjukan atau memperkenalkan kesenian mereka masing-masing. Selain itu, sejumlah lomba dan olahraga baik tradisional dan popular akan juga dilaksanakan, diantaranya lomba perahu naga dan lomba perahu motor. Serangkaian kegiatan pameran, kuliner dan pesta rakyat juga masuk dalam agenda.




Referensi :
wikipedia
kaskus.co.id
indonesia.travel
travel.kompas.com

10 komentar:

  1. Nice info Gan, & Jangan lupa untuk pestifal meriam nya gan itu seru banget gan :>)


    Ijin Share info buat agan yang suka trading, ane nemu majalah bisnis gratis yang isinya mengulas masalah trading, silakan agan bisa langsung meluncur ke TKP : http://tradingsmartfx.blogspot.com/2...-suplemen.html
    Agan juga bisa mengunakan fasilitas demo accountnya di : http://demoreg.imfutures.com/index.php?idmkt=IM004
    Analisa marketnya mantaaf & jituu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-) terima kasih gan kunjungannya,,
      festival meriam sepertinya seru ni gan kalau di ulas.. :d

      Delete
  2. Mantap gan, kunjungan balik di ikerenki.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sepertinya gan,, tp banyak juga suku yg ikut meramaikannya :)

      Delete
  4. Ragam budaya di indonesia memang aneh tapi sangat unik sebab tidak semua punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener jenx,,
      bahkan setiap kota aja pasti punya budaya tersendiri.. :d

      Delete

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP