Loading...
Monday 3 February 2014

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Dari Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Gunungkidul tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Sri Gethuk Dari Gunung Kidul
pict (gunungkidulonline.com)
Air terjun Sri Gethuk lebih dikenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun sendiri berada di lokasi blok Slempret, tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan dan bahkan di sepanjang tahun. di sana tanaman padi selalu menghijau silih berganti dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, sehingga suara angin bertiup akan sangat menghiasi lambaian daun kelapa yang melambai, di samping itu tempat tersebut adalah merupakan lokasi yang sangat subur karena di dukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar al; Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata – rata debit 30 s/d 60 l/dtk, sehingga di lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul.

Pict(kratonpedia.com)
Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan yang melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi, mulai dari jalanan dengan aspal yang bagus hingga jalan makadam atau tatanan batu. Saat memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Ketika sampai di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, ada dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yaitu Melintasi jalan setapak dengan pemandangan sawah yang hijau dan berhiaskan pohon kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik rakit melawan arus Sungai Oya.

Apabila anda memilih naik rakit motor ini akan memberikan sensasi tersendiri karena kita akan menikmati suguhan perjalanan air yang asik serta bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar dari atas rakit. Pihak pengelola menyediakan 2 unit rakit yang silih berganti mengangkut wisatawan menuju dan meninggalkan lokasi.

Perjalanan Memakan waktu sekitar 5 menit, dan perahu rakitpun sudah sampai di lokasi air terjun. Suasana sudah sangat ramai ketika tim Java Exotic sampai di lokasi. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini mengalir cukup deras sehingga sangat cocok untuk mandi maupun sekedar bermain air, terutama ketika panas terik. Terlihat banyak wisatawan yang basah-basahan di sekitar air terjun. Selain di air terjun, pengunjung juga bisa berenang di sungai yang berada di bawah air terjun ini.


Referensi
kotajogja.com
javaexotic.com
www.yogyes.com
visitsrigethuk.com

3 komentar:

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP