Loading...
Tuesday 18 February 2014

Keindahan Parade Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan adalah destinasi lain di Teluk Kiluan yang kerap menjadi tujuan utama lainnya saat datang ke teluk tersebut. Di pulau yang  luasnya hanya sekira 6 hektar ini, Anda dapat menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk.

Lumba-Lumba di Teluk Kiluan
Pict(talkmen.com)
Berada tersembunyi di ujung Pulau Sumatera, sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan kini mulai berkilau. Aksi lumba-lumba melompat-lompat di air menjadi obyek foto buruan para wisatawan. Anda akan merasakan sensasi damai, tenang, dan indah melingkupi Anda setibanya di pulau kecil ini. Pantainya berpasir putih bersih, gradasi air laut berwarna biru toska hingga biru gelap saja sudah meneduhkan mata. Belum lagi fakta bahwa pulau ini juga terkenal sejuk oleh kerimbunan pepohonan tropis. 

Keistimewaan lainnya, Teluk Kiluan menyuguhkan pemandangan memesona. Menikmati alam pantai tropis di pantai sekitar teluk adalah kegiatan rekreasi yang menarik untuk dilakukan baik bersama kerabat maupun sahabat. Sebagian besar pantai di kawasan Lampung memang terkenal akan pesona pantainya yang berpasir putih bersih. Air laut di teluk ini juga masih jernih dan bersih dengan warna biru toska. Anda dapat berenang atau snorkeling tak jauh dari garis pantai.  Meski tidak menyimpan keindahan taman laut penuh terumbu karang, banyak terdapat ikan-ikan laut cantik yang dapat dilihat.

Lumba-Lumba di Teluk Kiluan
Pict( jelajah.valadoo.com)
Kawanan lumba-lumba liar menyelam bebas di bawah laut ditambah lagi dengan pantai berpasir putih dengan latar belakang langit biru jernih merupakan destinasi utama dari Teluk Kiluan. Teluk Kiluan Merupakan jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba botol hidung dan lumba-lumba spinner. Jumlah lumba-lumba ini sangat menakjubkan banyaknya, karena yang melewati Teluk Kiluan ini diperkirakan mencapai ribuan, salah satu jumlah terbesar migrasi lumba-lumba di dunia. Pantai di sekitar Teluk Kiluan juga tempat bersarang dua spesies penyu, yaitu penyu hijau dan penyu sisik.

Teluk Kiluan sering dibandingkan dengan Pantai Lovina di Bali Utara yang juga dikenal sebagai daerah "dolphin bercak". Tidak seperti Lovina, Teluk Kiluan memiliki dua jenis lumba-lumba, dan terkadang mereka lebih mudah untuk ditemukan karena masih banyak. 

Walaupun jumlah lumba-lumba di Teluk Kiluan masih sangat banyak, tetapi sering juga teman-teman yang datang ke sini belum cukup beruntung untuk bertemu dengan lumba-lumba. Memang tidak ada yang bisa memastikan datang ke Teluk Kiluan pasti akan bertemu lumba-lumba.. Selamat menikmati atraksi lumba-lumba di alam liar. 


Referensi
telukkiluan.org
indonesia.travel
travel.kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP