Loading...
Monday 24 March 2014

Keindahan Pulau Samalona di Selat Makassar

Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

 Pulau Samalona
Pict (maleber.net)
Untuk menuju Pulau Samalona, Anda bisa menyewa perahu di Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga yang ada tepat di depan Fort Rotterdam. Tarif sewa perahu ini sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Bahkan ada juga pemilik kapal yang menawarkan harga Rp 750.000. Untuk itu, pastikan selalu menawar terlebih dahulu sebelum menyewa perahu.

Selain menyewa perahu dari nelayan, Anda juga bisa menyewa dari beberapa dive club yang ada di sana. Dibanding para nelayan, orang-orang dive club ini lebih sadar wisata, sehingga mereka menyewakan kapal dengan harga yang lebih masuk akal. Kelebihan lainnya, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai dive spot dan fishing spot dari mereka.

 Pulau Samalona Di sana terdapat pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Suasananya dijamin mampu mlepas kepenatan. Kecantikannya pun bakal membuat Anda terpesona!. Pulau Samalona ukurannya cukuplah kecil. Jadi, kita tidak sampai satu jam untuk mengitari pulau ini. Banyak terumbu karang di sana, tapi sayangnya tidak banyak yang berwarna-warni dan jarang ikan laut. Kalau ke Samalona, saya menyarankan untuk menghabiskan waktu di tepian pantai yang berpasir putih. Ada banyak juga bule-bule berbikini yang berjemur dan berenang di tepian pantainya. Berburu foto di pantainya juga kegiatan yang mengasyikan.

Sebelumnya Pulau Samalona hanya dijadikan sebagai tempat singgah bagi nelayan saat mencari ikan. Namun, keindahan pulau ini telah mengundang banyak wisatawan untuk datang dan membuat beberapa orang mendiami Pulau Samalona. Tidak ada fasilitas yang dikelola pemerintah di pulau ini. Berbagai fasilitas yang ada dikelola sendiri oleh penduduk setempat. 

Pemandangan alam Pulau Samalona memang telah terkenal di mana-mana. Kunjungan wisatawan yang datang ke pulau ini juga cukup tinggi karena rasa penasaran terhadap keindahannya. Namun, luas Pulau Samalona terus menyusut dari tahun ke tahun dan diprediksi akan tenggelam pada tahun 2020. Bagi Anda yang ingin datang ke Pulau Samalona, sangat disarankan untuk membawa bekal karena tidak banyak penjual makanan di pulau ini.

Meski begitu, suasana Pulau Samalona benar-benar membuat saya terpseona. Saya menikmati semilir angin saat bersantai di pantainya. Di depan mata, juga ada gradasi laut yang terlihat cantik. Sempatkanlah ke Samalona saat Anda melancong ke Makassar.


Referensi:
Wikipedia.org
travel.detik.com
destindonesia.com

2 komentar:

  1. FYI : Sumber photo samalona yang paling atas sebenarnya disini http://blog.maleber.net/index.php/2013/03/30/dari-tana-towa-kajang-ke-pulau-samalona-makassar/
    atau http://pictures.maleber.net/index.php?picId=1598
    dikotaku mengcrop dari photo diatas ..

    -- blog.maleber.net --

    ReplyDelete

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP